Selasa, 18 Juli 2017

Contoh Tiga Contoh Floating Furniture untuk Interior Minimalis

Jika ketika ini Anda sedang dibingungkan oleh jenis furniture menyerupai apa yang paling sempurna untuk dipilih untuk nantinya dan ditempatkan dalam desain minimalis, jenis mebel yang satu ini mungkin cocok untuk Anda. Jenis mebel yang kini tengah populer tersebut yaitu mebel yang didesain dengan gaya floating atau mengambang. Tentu saja, mebel-mebel tersebut tidak benar-benar mengambang.
Rak buku mengambang cantik
Gaya floating  mengacu pada tata letak furniture khususnya ketika furniture tersebut diletakkan pada dinding sebagai bidang pendukung yang disamarkan sehingga ketika sudah dipasang akan terlihat menyerupai mengambang tanpa penyangga, dalam hal ini furniture tersebut terlihat mengapung di dinding. Istilah floating juga mengacu pada tata letak furniture yang diposisikan sedemikian rupa di tengah ruangan terutama untuk menjauhi dinding, dalam hal ini yaitu mengapung di tengah ruangan. Makara istilah floating di sini dinamis, furniture yang menempel pada dinding disebut floating, menjauhi dinding juga floating, tergantung pada apa yang dijadikan acuannya. Menarik, bukan? 


Untuk lebih jelasnya, berikut ini yaitu tiga contoh aplikasi floating furniture yang mampu kita terapkan dalam membuat desain rumah minimalis.

Floating Cabinet/Shelf  

Nampaknya ini yang sudah populer di Indonesia, yaitu floating shelf atau sering disebut sebagai rak ambalan. Ambalan dalah rak tempel yang terbuka pada dinding yang selain berfungsi utama sebagai dekorasi juga dapat dipakai sebagai penyimpan barang lainnya, dibuat dengan cara menempelkan rak dengan sekrup pada dinding dan menyembunyikan siku pendukung di dalam papan kayunya. Sekilas ambalan serupa dengan Furniture Built-In. Bedanya pada kesan yang ditampilkan saja, jika furniture built-in mengesankan kompak dengan seluruh bidang dinding alasannya yaitu dia berdiri atau menempel dari lantai dinding bahkan kadang sampai langit-langit, sedangkan ambalan lebih memberi kesan mengambang daripada kesan menempelnya. Kesan mengambang seperti ini sangat cocok untuk rumah yang memiliki desain interior minimalis.

Rak TV floating
Ambalan yang nampak mengapung di atas,

Tempat Tidur Mengambang (Floating Bed)

Selain ambalan, mebel lain yang banyak dibuat dengan desain semacam ini yaitu daerah tidur. Sama juga dengan rak ambalan, desain daerah tidur menyerupai ini mempunyai desain wall-mount di mana mebel tersebut dikaitkan pada bab dinding kamar tidur. Kadang desain mengambang menyerupai pada daerah tidur ini dibuat dengan masih memakai kaki untuk mendukungnya, namun ditata sedemikian rupa sehingga tidak kentara dan menjadi terlihat mengambang. Sebagian daerah tidur mengambang dibuat dengan cara menggantungkannya ke langit-langit memakai tali pada empat sudutnya.



tempat tidur mengambang
Tempat tidur mengambang karya Washington Architects & Designers, FORMA Design

Floating Sofa

Floating sofa yaitu cara menempatkan sofa yang di tengah-tengah ruangan dengan tujuan menjauhi dinding semoga ada sela lalu-lintas penghuni lewat tidak di depan sofa tapi di belakangnya. Tata letak menyerupai ini cocok untuk diterapkan pada ruangan-ruangan besar menyerupai ruang keluarga atau ruang tamu. Penataan floating sofa ini juga sering dilakukan pada ruangan rumah minimalis yang umumnya meminimalkan dinding atau tembok bab dalam sehingga membuat ruangan nampak besar.

Sebagian orang kesulitan mendesain ruangan yang cukup besar menyerupai itu alasannya yaitu resah bagaimana harus memulainya. Dengan desain furniture mengapung-apung di tengah atau floating, kita mampu mengisi ruangan besar, menghilangkan kesan kosong dan sepi dan menciptakan kesan ruangan yang intim, lebih bersahabat, cocok untuk berinteraksi. Floating furniture ini membangun Kesan Visual Ruangan pada tengah-tengahnya. Desain ini juga akan membuat pedoman udara ke dalam rumah menjadi lancar dan ruangan nampak bersih. Biasanya karpet dipakai sebagai bantalan untuk furniture pada ruangan besar untuk membatasi area floating. Rumus sederhananya, yaitu setidak-tidaknya kaki depan furniture atau sofa harus ada pada karpet (tidak berlaku secara kaku).  

Floating furniture
Furniture mengagumkan dengan desain floating
karya Huntington Interior Designers & Decorators AMI Designs

Editor: +Tricahyo Abadi 

Artikel Terkait

Contoh Tiga Contoh Floating Furniture untuk Interior Minimalis
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email