Minggu, 16 Juli 2017

Contoh Tiga Tips Menata Ruang Tamu dengan Desain Minimalis Modern

Menata ruang tamu dengan menggunakan desain interior minimalis sesungguhnya merupakan sesuatu yang tidak begitu sulit untuk Anda lakukan. Yang perlu anda ingat ialah bahwa desain yang satu ini selalu mengutamakan tampilan yang sesederhana mungkin dengan mempertimbangkan fungsi. Dengan mengingat dan selalu memperhatikan kedua hal tersebut, tentunya Anda akan mampu menciptakan kreasi desain minimalis Anda sendiri untuk membuat ruang tamu Anda yang fungsional sekaligus apik di dalam kesederhanaan.

Pertama-tama, Anda harus menentukan terlebih dahulu wacana desain minimalis menyerupai apa yang akan Anda aplikasikan di dalam ruang tamu tersebut. Salah satu gaya yang mampu Anda pilih ialah desain minimalis modern, alasannya ialah faktanya desain minimalis dan modern mampu saling melengkapi satu lain dengan cukup sempurna.

Sebagai sumber ide bagi Anda, + mengambil beberapa referensi desain minimalis modern ruang tamu yang mampu disesuaikan pada rumah Anda.

Floating Furniture dan Focal Point

Sebelumnya sudah kita bahas bahwa Floating Furniture ialah cara bagaimana menempatkan furniture pada tengah-tengah ruangan yang besar menjauhi dinding untuk tujuan mengisi sentra dan memperoleh pengudaraan dan lalu-lintas penghuni yang lancar. Seperti kita ketahui, sirkulasi udara dan trafik ini merupakan fokus desain rumah minimalis yang biasa merancang ruangannya dengan minimalisasi dinding. Gaya floating furniture ini tepat untuk mengakomodasi kebutuhan fungsional ruangan yang besar tersebut. Yang perlu diperhatikan, ruangan besar dengan floating furniture ini memerlukan pembagian area yang teliti dengan memanfaatkan penataan furniture tepat. Beberapa area memerlukan focal point sebagai titik fokus semoga tidak terganggu oleh besarnya ruangan. Penggunaan backdrop kain ataupun latar kayu menyerupai referensi di bawah ini lazim kita pakai sebagai focal point, dengan derma perabotan modern lain menyerupai TV dan audio.

Ruang tamu dengan floating furniture dan focal point kayu
Ruang tamu dengan floating furniture dan focal point berlatar warna kayu alami


Warna Netral dan Alami

Tentu saja, cara termudah untuk mengaplikasikan desain minimalis pada gaya modern ini ialah dengan memilih warna-warna netral. Warna putih, abu-abu, kelabu, dan gradasinya ialah warna dasar yang sangat menentukan dalam desain minimalis. Warna-warna netral ini biasanya diaplikasikan sebagai warna latar menyerupai pada dinding ruangan. Di samping itu, warna natural menyerupai warna alami kayu juga sejalan dengan prinsip minimalis yang sederhana dalam mengekspos esensi segala sesuatu termasuk perabotan. Anda mampu menggunakan warna-warna alami kayu menyerupai pada lantai kayu dan kusen-kusen rumah.

cara-menata-ruang-tamu-dengan-desain
Pemakaian warna netral putih sebagai latar
dikombinasi warna natural kayu pada ruang tamu

Pencahayaan dalam Perpaduan Hitam Putih

Satu lagi cara menata ruang tamu dengan desain interior minimalis ialah dengan pencahayaan yang tepat dan Perpaduan Warna Hitam Putih yang serasi. Walau secara teori warna hitam putih mampu dianggap tidak ada, kenyataannya kita mempunyai cat warna hitam putih yang mampu kita aplikasikan untuk menerima gelap terang ruangan. Selain cat, tentu saja pencahayaan ruangan sangat berperan untuk membentuk suasana. Anda mampu memainkan pencahayaan ruangan untuk memperoleh suasana nyaman yang diinginkan, menyerupai gradasi redup, terang, gelap, dan permainan bayangan.

Pada referensi di bawah ini terlihat terang bagaimana kita sesungguhnya mampu mengkombinasikan hitam-putih dengan pencahayaan ruangan secara harmonis.

Ruang tamu dengan pencahayaan dan warna hitam-putih
Dengan pencahayaan yang tepat dan perpaduan hitam-putih,
tercipta ruang tamu modern yang elegan
Bagaimana menurut Anda? Sudahkah terbersit ide untuk menerapkan desain ruangan minimalis modern pada ruang tamu Anda? Silakan share pengalaman Anda lewat kolom komentar di bawah.

Artikel Terkait

Contoh Tiga Tips Menata Ruang Tamu dengan Desain Minimalis Modern
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email